Eksis Saat Tak Stabil
Kamis 16 November 2017

Urutsewu- Bertani Cabai dirasa cukup menguntungkan bagi sebagian besar petani khususnya wilayah Desa Urutsewu. Haryanto salah satu petani cabai keriting merasakan hasil yang cukup menjanjikan sejak bertani Cabai beberapa tahun silam.

Memanfaatkan lahan kosong, bapak satu anak ini memperkerjakan dua orang pegawainya untuk merawat lahan cabai. Setelah tiga bulan masa pembibitan, pemeliharaan, Haryanto bisa memanen cabai mencapai seratus lima puluh kilogram dengan luas lahan sekitar 1 hektar.

Cabai yang Haryanto panen untuk saat ini dijual tiga belas ribu rupiah untuk setiap kilogramnya. “Bagi petani Cabai harga diatas Rp10.000 itu sudah cukup menguntungkan”, ujar Haryanto. Hasil panen cabai segar dan panjang menjadi keunggulan cabai Haryanto karena dengan pemupukan alami dapat mempengaruhi hasil panen. Haryanto tak menggunakan sembarang pupuk, dengan memanfaatkan limbah jamur tiram dan kotoran sapi ia mengolahnya menjadi pupuk organik.

Haryanto tak hanya menanami lahan luasnya dengan cabai. Haryanto juga bertani tomat dan kol. Hasil panennya sayurannya biasa langsung diambil oleh para tengkulak. Harga cabai masih unggul diatas harga sayuran lain karena sekarang untuk Tomat hanya dapat dijual Rp2.500 per kg sedangkan Kol hanya Rp7.000 per kg. Haryanto menjadi petani yang memanen laba banyak karena pada bulan Desember 2016 harga jual Cabai melambung tinggi hingga Rp50.000 per kg.

Haryanto yang juga Kepala Desa Urutsewu berencana dalam waktu sepuluh tahun ke depan dapat menjadikan Desa sebagai penghasil pertanian unggul. Nantinya bekerjasama dengan Perusahaan Terbuka Pasar Modern dalam pemasarannya. Saat sudah berjalan kelak pertani tidak perlu kerepotan dalam transaksi pembayaran karena Desa akan menyediakan sarana pembayaran digital bekerjasama dengan pihak Bank tertentu. Sekarang ini, keinginan Haryanto membuat masyarakatnya juga dapat bertani mengalami peningkatan. Banyak bermunculan petani muda dari lingkungan desa menjadi petani sayur, buah dan tanaman lain. Kegiatan tersebut dapat menjadi awal bagi pemerintah desa dalam membangun potensi baru desa Urutsewu. Bagaimana anda tertarik untuk memesan cabai segar pilihan milik Haryanto? Anda bisa memesannya di 082226161777.

Berita Terkini
Rastra Untuk Warga Tidak Mampu
Kamis 16 November 2017
Simbol Kerukunan Beragama
Kamis 16 November 2017
Rembug Warga